Berita

Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (e-SIPP)

04-May-2018 06:50:13

Dalam rangka perbaikan pelayanan publiK dengan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan pada masa kini. Upaya ini merupakan langkah yang cepat dan tepat dalam mensinergikan data-data kinerja dan basis data yang akurat. Dalam aplikasi ini sangat diperlukan komitmen bersama dengan memaksimalkan sumber daya yang ada seperti SDM, peralatan keras/ jaringan internet.Dalam kaitan ini, pemerintah Kota Samarinda Bagian Organisasi telah membuat Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dengan harapan dapat memudahkan masyarakat dalam pengembangan informasi dan konten layanan . Tujuan sistem ini memberikan kemudahan Perangkat Daerah untuk memberikan informasi seputar standar pelayanan serta data pendukungnya sehingga dapat dijadikan arsip digital dan melaksanakan evaluasi dan penilaian kinerja pelayanan publik.Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari diikuti oleh unit kerja, kecamatan dan kelurahan, UPT Puskesmas dan OPD penyelenggara Pelayanan Publik.@gungjek2020

Pemkot Tingkatkan Kompetensi Front Office Unit Pelayanan Publik

04-May-2018 06:50:29

Pemerintah Kota Samarinda melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Samarinda menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Front Office Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik di lingkungan Pemkot Samarinda, Senin (11/11).."Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Untuk itu seiring dengan perkembangannya kualitas pelayanan harus ditingkatkan. Salah satunya keberadaan petugas front office yang handal dan terampil," ucap Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Samarinda Ali Fitri Noor ketika membuka kegiatan di Gedung Traning Center PDAM Jl Cendana Samarinda selama 2 hari 11-12 Nopember 2019..Ali mengatakan front office memiliki peran penting dalam pelayanan publik karena berhubungan langsung dengan berbagai macam lapisan masyarakat dan golongan masyarakat. Oleh karena itu, sangat tepat bila para petugas pelayanan publik ini diberi pembekalan secara khusus..Ali menyebutkan Bimtek ini adalah sebuah langkah awal dalam proses menuju tata pemerintahan yang baik dan merupakan amanah yang harus dijalankan semua instansi pemerintahan.."Agenda utama Pemerintah Kota Samarinda saat ini adalah mempercepat pemberantasan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik secara sinergis dalam rangka mewujudkan good governace, sehingga menuju clean government," ungkapnya..Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Samarinda, Irmina Idang selaku Ketua Pelaksana manyampaikan tujuan bimtek ini memberikan pemahaman dan pembekalan kepada petugas front office dalam melayani penggunaan pelayanan dengan harmonis dan sesuai prosedur pelayanan yang telah ditentukan.."Petugas front office harus mampu memahami peran dan strategi awal memberikan kepuasan kepada masyarakat,” tuturnya..Sedangkan peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 40 orang terdiri dari petugas front office penyelenggara pelayanan, BUMD, DPMPTSP dan perangkat daerah secara selektif.@gungjek2020

Penuhi Amanat UU 25 Tahun 2009, Pemkot Menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik ( FKP )

04-May-2018 06:50:47

Dalam rangka memenuhi amanat UU 25 tahun 2009 "Setiap penyelenggaraan pelayanan publik wajib menyusun standar pelayanan dan melibatkan stakeholder"Kegiatan yang dilakukan selama 5 hari kerja selama 2-9 April 2019. Dengan agenda pembahasan Standar Pelayanan lingkup Bagian Setda Kota Samarinda dalam wadah forum konsultasi publik (FKP).(gungjek'19) 

Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis

05-May-2018 12:03:09

Pemerintah Kota Samarinda terus membenahi sistem pemerintahan guna mengefektifkan pelayanan kepada masyarakat serta efisiensi birokrasi dalam tubuh pemerintahan, khususnya pada Reformasi Birokrasi. Hal ini selaras dengan sasaran utama Pemerintah Kota Samarinda yang pertama yaitu "Terwujudnya Pelayanan Publik yang berkualitas, transparan, akuntabel dan bebas korupsi".Hal inilah yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Samarinda pada Senin-Selasa, 23-24 September 2019 dalam acara Penyusunan Peta Proses Bisnis dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda.Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Samarinda, Seluruh Kepala Sub Bagian Program dan Perencanaan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda dengan Narasumber dari Kementerian PAN-RB, Bapak FX Prihandoko.Acara dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Samarinda, DR. H. Ali Fitri Noor, MM dengan pembacaan Sambutan Walikota Samarinda sebagai berikut:Assalla’muallaikum Warahmatulaahi WabarakatuhYth. TIM Deputi Ketatalaksanaan dan Kelembagaan KemenpanRB Jakarta( Bapak. Pri Handoko dan Jajaran)Pimpinan Perangkat Daerah atau yang mewakilinyaPara Peserta Sosialisasi dan Bimtek yang hadir pada hari ini.Pertama – tama marilah kita panjatkan Syukur Alhamdulillah kepada Allah S.W.T yang telah memberikan karunia dan rahmatnya sehingga kita semua dapat berkumpuk di Ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.Hadirin dan Peserta yang berbahagiaKolaborasi antar perangkat Daerah sangat diperlukan dalam upaya percepatan pencapaian program dan kegiatan Pemerintah Kota Samarinda. Pentingnya Peta Proses Bisnis dalam penyelenggaraan Birokrasi yang lebih efektif dan efesien. Sehingga pada hari ini kita akan memperdalam peta proses bisnis sehingga keterkaitan dan integrasi hubungan kerja antar Daerah Provinsi kaltim akan lebih efektif pencapaiannya. Selain itu Peta proses bisnis mempermudahkan melihat potensi masalah yang ada dan yang akan mundur didalam pelaksanaan suatu proses kegiatan sehingga solusi penyempurnaan proses lebih terarah dan tepat.Hadirin dan Peserta yang berbahagiaBerdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2018 Pemerintah Kota Samarinda mendapat Indeks 55,88 atau kategori CC, Salah satu capaian nilai bidang penataan Tata laksana 2,56 dari bobot 5 dan rekomendasi yang berikan adalah Pemerintah Kota Samarinda segera menyusun Peta Proses Bisnis dalam penyusunan Peta proses bisnis diperlukan komitmen dan konsisten kita semua untuk membenahi reformasi birokrasi secara utuh, dengan hasil peta proses bisnis yang tersusun dengan sistematika dan terarah untuk mengubah struktur dan system  dan nilai – nilai dalam pemerintah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Efektivitas dan efesien birokrasi sangat berkaitan dalam menghasilkan output dan outcome dalam capaian RPJMD Pemerintah Kota Samarinda Tahun 2016-2021.Hadirin dan Peserta yang berbahagiaPeta proses bisnis merupakan asset terpenting Organisasi yang mengumpulkan seluruh informasi kedalam satu kesatuan dokumen atau database informasi, dengan demikian melibatkan seluruh elemen perangkat, seperti aktualisasi data dokumen perencanaan, SOTK dan tatalaksana, maka saya berpesan kepada para peserta bimtek sebagai berikut :Ikuti dengan sungguh – sungguh sampai selesai, jika masih belum paham dan mengerti jangan sungkan bertanya kepada Narasumber.Setelah Bimtek ini Saudara segera menyusun Rancangan Peta Proses Bisnis dan selalu berkoordinasi pada Bagian Organisasi untuk penyempurnaan.Kegiatan ini tidak berhenti sampai Bimtek selesai dan kami mengharapkan kesediaan kembali Tim Menpan RB untuk asistensi Peta Proses Bisnis kami.Demikian beberapa hal yang saya sampaikan kami ucapkan penghargaan terima kasih kepada Bapak Fri Handoko selaku Narasumber, dengan mengucapkan Bismillahhirrohmannirrohim Acara Sosialisasi dan Bimtek Peta Proses Bisnis secara resmi dibuka, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kegaiatan ini.AminWalikota SamarindaH. SYAHARIE JA’ANG, SH, M. Si@gungjek2020

Komitmen Pemkot, Walikota Samarinda Sambangi Kementerian PAN RB terkait Pemantapan Mal Pelayanan Publik

08-May-2018 04:22:50

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRN Diah Natalisa menerima kehadiran Walikota Samarinda Syaharie Jaanh, di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (30/01). Pertemuan membahas rencana peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Samarinda.