Berita

Acara Penyerahan Hasil Evaluasi dan Penilaian Role Model Pelayanan Publikk

05-May-2018 01:50:13

Sambutan PJs. Walikota Samarinda

Assalamualaikum wr. Wb.

Yth. Sekretaris daerahYth. Para staf ahli walikota samarinda

Yth. Para asisten setda kota samarinda

Yth. Kepala dinas / badan / inspektur / camat / lurah dan undangan sekalian.

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan puji syukur kepada allah swt atas berkenannya dapat berkumpul dalam ruangan ini, dalam rangkaian kegiatan sangat penting ini dengan tema mewujudkan pelayanan publik yang cepat, ringkas, dan berkualitas.

Saudara hadirin sekalian yang berbahagia.

Sesaat tadi kita semua telah mendengar laporan hasil evaluasi dan penilaian pelaksanaan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh kementerian pan rb, ombudsman ri dan pemerintah kota samarindadan menyaksikan penyerahan piagam penghargaan dan plakat / trophy, dan saya ucapkan selamat. Penghargaan yang diterima atau hasil yang saudara capai itu, jadikanlah motivasi dan semangat kita semua untuk bersama-sama membangun komitmen dalam perbaikan kualitas pelayanan publik pemerintah kota samarinda. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini merupakan perwujudan kita semua untuk menjalankan reformasi birokrasi yang salah satu kebijakan adalah pelayanan publik sesuai amanat uu no 25 tahun 2009  tentang pelayanan publik. Setidaknya ada 4 (empat) yang harus diprioritaskan :

 

Pertama, pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Kedua, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat dan tepat sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah disediakan. Hal ini pula diharapkan kita semua agar smart city kota samarinda dapat berjalan semestinya.

Ketiga adalah ketepatan penyediaan pelayanan baik dari pelaksana pelayanan yang berkemampuan dan integritas yang tinggi setiap asn, demikian pula ketersediaan sarana / prasarana yang memadai.

Kemudian yang keempat upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis elektronik goverment akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan bebas kkn. Saya minta penekanan dalam sambutan ini dapat di copy dan dibaca oleh seluruh asn.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Pemerintah kota samarinda pada tahun ini diberikan mandat yang patut kita sikapi dengan cepat, tepat dan terkoordinasi, yaitu mal pelayanan publik dengan harapan memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kalau bentuk pelayanan apa saja tinggal ke mal pelayanan publik. Selain itu melalui kemenpan rb mendorong seluruh perangkat daerah untuk lebih inovatif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal ini merupakan perintah dari uu nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan pemerintah menyiapkan insentif bagi pemda yang inovasinya dinilai bagus.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Sebelum saya menutup acara ini, saya menaruh harapan besar agar seluruh perangkat daerah bagi yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat atau kepada asn agar selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat dan terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Semua kegiatan pelayanan publik harus patuh dan tunduk terhadap uu nomor 25 tahun 2009 terutama memiliki standar operasional prosedur dan standar pelayanan dengan menegakan prinsip-prinsip utama pelayanan yang transparan, mudah dan akuntabel.

Dan akhirnya, saya ucapkan selamat kepada seluruh perangkat daerah yang telah berusaha keras memberikan pelayanan kepada masyarakat dan asn dan dengan ucapan alhamdulillah kegiatan ini secara resmi ditutup, semoga tuhan memberikan kemudahan dan keberkahan dari tuhan yang maha esa.

Sekian dan terima kasih

Samarinda, 5 Maret 2018

Pjs.Walikotasamarinda




Bimtek Aplikasi Standar Pelayanann

05-May-2018 01:50:29

Dalam rangka Penguatan Pelayanan Publik untuk memenuhi UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Pemerintah Kota Samarinda mengembangkan Inovasi terbaru yaitu "SIPATUH YANLIK" (Sistem Kepatuhan Pelayanan Publik) http://organisasi.samarindakota.go.id/standarpelayanan

 Tujuan sistem ini memberikan kemudahan Perangkat Daerah untuk memberikan informasi seputar standar pelayanan serta data pendukungnya sehingga dapat dijadikan arsip digital dan melaksanakan evaluasi dan penilaian kinerja pelayanan publik.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari diikuti oleh unit kerja, kecamatan dan kelurahan, UPT Puskesman dan OPD penyelenggara Pelayanan Publik.

Perubahan Kantor Perwakilan OMBUDSMAN RI di Kaltim

05-May-2018 01:50:47

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod
tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,
quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo
consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse
cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non
proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Islamic Center

05-May-2018 07:03:09

Masjid Islamic Center Samarinda (MICS), begitu masyarakat mengenalnya. Masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara itu telah menjadi ikonik kota Samarinda. Ya, fungsinya saat ini tidak hanya sebagai tempat ibadah umat Islam. Lebih dari itu, MICS telah menjadi pusat peradaban dan wisata yang mengagumkan.

Dengan posisi persis di tepian sungai dan jembatan Mahakam membuat Masjid ini kian elok dipandang. Siapa pun yang mengunjunginya akan terpana akan pesona Masjid di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, itu. Pucuk-pucuk menara yang menjulang langit yang mengapit kubah besar berbentuk dome seakan mengokohkan kemegahan dan keindahan arsitektur Masjid ini.

Sejarah

Lokasi Masjid ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Atas tuntutan masyarakat setempat supaya memiliki sebuah sarana tempat ibadah yang memadai, pemerintah akhirnya bersedia mendanai proyek pembangunan MICS ini dari dana APBD pemerintah provinsi Kalimantan Timur yang saat itu gubernurnya adalah Suwarna Abdul Fatah.

Proses perencanannya melibatkan konsultan perencana arsitektur PT. Anggara Architeam, perencana struktur PT. Perkasa carista estetika, Perencana M&E oleh PT. Meco Systech Internusa dan perencana estetika Biro Arsitektur Achmad Noe’man. Konsultan pengawas yang mengawasi jalannya pembangunan ICS Kaltim dipercayakan kepada PT. Adiya Widyajasa sedangkan pelaksanaan pembangunannya dipercayakan kepada Kontraktor PT. Total Bangun Persada Tbk.

Proses pembangunan MICS sendiri baru dimulai pada tanggal 5 Juli 2001 ditandai dengan penekanan tombol pemancangan tiang pancang pertama oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Tujuh tahun kemudian komplek Islamic Center Samarinda diresmikan oleh Presiden RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 Juni 2008.

Arsitektur

Keindahan Masjid ICS tak luput dari mahakarya arsitektur bangunannya yang menawan. Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Luas bangunan penunjang 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 mete

rpersegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi.

7 menara pencakar langit dengan ketinggian 99 meter yang berarti jumlah Asmaul Husna menjadi kekhasan Masjid ICS. Menara utama itu terdiri atas bangunan

15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun. Konon, untuk rancangan menara diilhami menara masjid Nabawi di Madinah Almukarromah, dan kubah utamanya diilhami masjid Haghia Sophia di Istanbul Turki.


lorem ipsum

08-May-2018 11:22:50
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod
tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,
quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo
consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse
cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non
proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.