Pencarian

Jl. Balaikota No. 1 Samarinda 0541 - 6525777 bagorsmd@gmail.com Sen-Jum - 07.30 - 16.00 Wita

Disdukcapil dan DPMPTSP Samarinda Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik

75256782 477435882887410 4469953069455998162 nJAKARTA-Pemerintah Kota Samarinda melalui 2 OPD-nya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) meraih penghargaan Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik kategori Pelayanan Publik “Sangat Baik” (A-) Tahun 2019.
.
Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo kepada Walikota Samarinda yang diwakilkan kepada Kepala Discapilduk Samarinda Abdullah dan Kepala DPMPTSP Samarinda Jusmaramdhana Alus pada acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II Tahun 2019 di Jakarta, Jumat (22/11).


.
“Alhamdulillah, kembali kita mendapat apresiasi penghargaan kategori Pelayanan Publik Sangat Baik. Ini adalah yang ketiga kalinya, dimana tahun 2017 kita mendapat Kategori Baik (B), kemudian Sangat Baik tahun 2018 atau A dan tahun ini 2019 juga A. Target kita tahun depan 2020 Kategori Sempurna,” ungkap Abdullah seusai menerima penghargaan.
.
Intinya lanjut Abdullah, bagaimana pelayanan yang transparan, gratis, baik, cepat, efektif dan efisien diterjemahkan dengan beberapa inovasi layanan unggulan mereka seperti Laskar (Layanan Sehari Kelar) Two in One, Three in One dan Four in One.
.
“Simpelnya Laskar terintegrasi dengan memberikan layanan satu kali pengurusan dengan 2, 3 bahkan 4 dokumen kependudukan bisa selesai, yaitu NIK, Akte, Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP. Khusus e-KTP jika lancar atau blanko tersedia,” ungkap Abdullah.
.
Bahkan sebutnya ketika mengurus Akte kematian langsung sekaligus diterbitkan KK, sehingga tidak menyulitkan warga untuk mengurus kembali lagi.
.
“Bukan hanya sehari kelar. Ada juga layanan sepuluh menit kelar atau Lasminit untuk layanan legalisir dokumen kependudukan. Karena kita ada sistem antrian online daftar lewat HP atau android dan sistem digital, masyarakat bisa berhadapan langsung dengan front office cek data langsung cetak. Ini program didukung Dinas Kominfo Samarinda,” imbuh Abdullah.

Editor: MRN

(Disadur dari PPID Kota Samarinda | (https://www.instagram.com/p/B5MXlqCpgG-/)

 

^admin