Pencarian

Jl. Balaikota No. 1 Samarinda 0541 - 6525777 bagorsmd@gmail.com Sen-Jum - 07.30 - 16.00 Wita
×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 734

Tingkatkan efektivitas dan efisiensi birokrasi, Pemkot Samarinda adakan Bimbingan Teknis Penyusunan Peta Proses Bisnis

1Pemerintah Kota Samarinda terus membenahi sistem pemerintahan guna mengefektifkan pelayanan kepada masyarakat serta efisiensi birokrasi dalam tubuh pemerintahan, khususnya pada Reformasi Birokrasi. Hal ini selaras dengan sasaran utama Pemerintah Kota Samarinda yang pertama yaitu "Terwujudnya Pelayanan Publik yang berkualitas, transparan, akuntabel dan bebas korupsi".

Hal inilah yang dilaksanakan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Samarinda pada Senin-Selasa, 23-24 September 2019 dalam acara Penyusunan Peta Proses Bisnis dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Samarinda, Seluruh Kepala Sub Bagian Program dan Perencanaan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda dengan Narasumber dari Kementerian PAN-RB, Bapak FX Prihandoko.

Acara dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Samarinda, DR. H. Ali Fitri Noor, MM dengan pembacaan Sambutan Walikota Samarinda sebagai berikut:


Assalla’muallaikum Warahmatulaahi Wabarakatuh

  • Yth. TIM Deputi Ketatalaksanaan dan Kelembagaan KemenpanRB Jakarta

( Bapak. Pri Handoko dan Jajaran)

  • Pimpinan Perangkat Daerah atau yang mewakilinya
  • Para Peserta Sosialisasi dan Bimtek yang hadir pada hari ini.

Pertama – tama marilah kita panjatkan Syukur Alhamdulillah kepada Allah S.W.T yang telah memberikan karunia dan rahmatnya sehingga kita semua dapat berkumpuk di Ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin dan Peserta yang berbahagia

Kolaborasi antar perangkat Daerah sangat diperlukan dalam upaya percepatan pencapaian program dan kegiatan Pemerintah Kota Samarinda. Pentingnya Peta Proses Bisnis dalam penyelenggaraan Birokrasi yang lebih efektif dan efesien. Sehingga pada hari ini kita akan memperdalam peta proses bisnis sehingga keterkaitan dan integrasi hubungan kerja antar Daerah Provinsi kaltim akan lebih efektif pencapaiannya. Selain itu Peta proses bisnis mempermudahkan melihat potensi masalah yang ada dan yang akan mundur didalam pelaksanaan suatu proses kegiatan sehingga solusi penyempurnaan proses lebih terarah dan tepat.

Hadirin dan Peserta yang berbahagia

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2018 Pemerintah Kota Samarinda mendapat Indeks 55,88 atau kategori CC, Salah satu capaian nilai bidang penataan Tata laksana 2,56 dari bobot 5 dan rekomendasi yang berikan adalah Pemerintah Kota Samarinda segera menyusun Peta Proses Bisnis dalam penyusunan Peta proses bisnis diperlukan komitmen dan konsisten kita semua untuk membenahi reformasi birokrasi secara utuh, dengan hasil peta proses bisnis yang tersusun dengan sistematika dan terarah untuk mengubah struktur dan system  dan nilai – nilai dalam pemerintah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Efektivitas dan efesien birokrasi sangat berkaitan dalam menghasilkan output dan outcome dalam capaian RPJMD Pemerintah Kota Samarinda Tahun 2016-2021.

Hadirin dan Peserta yang berbahagia

Peta proses bisnis merupakan asset terpenting Organisasi yang mengumpulkan seluruh informasi kedalam satu kesatuan dokumen atau database informasi, dengan demikian melibatkan seluruh elemen perangkat, seperti aktualisasi data dokumen perencanaan, SOTK dan tatalaksana, maka saya berpesan kepada para peserta bimtek sebagai berikut :

  1. Ikuti dengan sungguh – sungguh sampai selesai, jika masih belum paham dan mengerti jangan sungkan bertanya kepada Narasumber.
  2. Setelah Bimtek ini Saudara segera menyusun Rancangan Peta Proses Bisnis dan selalu berkoordinasi pada Bagian Organisasi untuk penyempurnaan.
  3. Kegiatan ini tidak berhenti sampai Bimtek selesai dan kami mengharapkan kesediaan kembali Tim Menpan RB untuk asistensi Peta Proses Bisnis kami.

Demikian beberapa hal yang saya sampaikan kami ucapkan penghargaan terima kasih kepada Bapak Fri Handoko selaku Narasumber, dengan mengucapkan Bismillahhirrohmannirrohim Acara Sosialisasi dan Bimtek Peta Proses Bisnis secara resmi dibuka, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati kegaiatan ini.Amin

Walikota Samarinda

H. SYAHARIE JA’ANG, SH, M. Si

 


                    6            4

                    5            7